CARA
MEMASANG TABUNG INDUKSI DAN MENUTUP AIS PADA NEW MEGAPRO KARBU
Di motor 2-tak ada yang dilengkapi tabung induksi. Yang biasa di
jumpai di intake manifold seperti di Yamaha RX-King disebut YEIS (Yamaha Energy
Induction Sistem) yang membuat tenaga RX-king ini selalu ngisi, pantas dijuliki
motor spesialis jambret. Tapi tabung induksi juga dapat di pasang di mesin 4
tak karbu, kalo di pasang di injeksi yang ada mala akan merusak ECU, karna
debit bensin dalam ruang pembakaran sudah diatur oleh ECU. Fungsi tabung ini
menampung semburan gas bakar yang tertendang balik oleh piston ketika
deselerasi atau ngerem. Akibatnya terbuang percuma dan bikin boros.
Supaya tidak terbuang, dipasanglah tabung induksi sebagai penampung sementara
sebelum diisap lagi oleh seher. devinisinya dari tabloid terkemuka M+ gitu deh.
Kalau di pasang tabung induksi di mesin 4-tak, "efek
engine brake juga jadi sedikit berkurang. Selain itu, pada siklus
langkah isap berikutnya, throttle atau bukaan gas tidak perlu sebanyak
sebelumnya untuk mendapatkan power yang diinginkan,” begitu.
Dan untuk lebih maksimal memakai tabung yang berbahan plastik
tahan panas atau pakai tabung kaca dengan volume tabung 50 cc lebih mantap dibanding
yang di atas 50 cc, lalu disambungkan dengan slang bensin yang memiliki panjang
10 – 20 cm.
Kita langsung saja menerapkan tabung induksi ini di NMP
tersebut. Sebagai kelinci percobaan untuk kesempatan kali ini saya mengunakan
motor sendiri sebagai percobaan dan untungnya di NMP intake nya sudah ada
pentilnya.

Yang rumurnya tabung ini akan memberikan efek yang lebih
responsif pada akselerasi. Langsung saja peralatan yang di gunakan sebagai berikut:
Siapkan kater, tabung kaca berukuran 50 cc saya mengunkan tabung
bekas minyak urut minyak tauwon biar gratis hehehehe, lalu selang bensin
berukuran 10-20 cm saya mengunakan selang bensin berlebel barros bisa seharga
RP 20.000 rupiah, lalu solasi hitam.
Lalu lubangi tutup botol tersebut dengan kater dan masukan
selang bensin kedalam tabung, pada saat memaksukan selang ke tabung pastikan
masuk dengan rapat dan tak ada yang bocor
Sebelum tabung tersebut di pasang kita harus melepas AIS yang
tersambung pada blok head agar tidak terjadi nembak nembak pada knalpot, saya
melepas dan menutupnya dengan baut.
Setelah itu baru kita memasang tabung induksi tersebut di
intake. Dengan cara memasukan selang bensin di pentil intake.
Setelah pemasangan selesai kita tes dulu apakah tabung tersebut
berkerja dengan baik atau tidak, dengan cara menyalahkan mesin lalu putar grip
gas lalu di lepas, nah pada saat di lepas bila ada gas putih yang masuk kedalam
tabung maka tabung tesebut bekerja dengan baik. Soal performa bisa di resakan
sendiri.
SELAMAT MENCOBA………..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar